Electric Scooters for Adults Waco Texas

Electric Scooters for Adults Waco Texas

Fisika mengapa kapal laut tidak tenggelam padahal sangat berat?

mengapa kapal laut tidak tenggelam padahal sangat berat?

Kapal laut tida tenggelam walaupun berat karena massa jenis kapal kaut lebih kecil daripada massa jenis air laut. Kapal laut didesain memiliki ruangan-ruangan luas berisi rongga udara sehingga volume kapal laut semakin besar. Jika volume kapa laut besar maka massa jenis kapal laut lebih menjadi lebih kecil daripada massa jenis air.

Penjelasan:

Kapa laut adalah salah satu penerapan prinsip gaya Archimedes atau hukum Archimedes. Gaya Archimedes adalah gaya angkat ke atas atau gaya apung pada suatu benda jika benda tersbeut dimasukkan ke dalam fluida baik zat cair atau gas. Gaya Archimedes ini ditemukan oleh seorang ilmuwan Yunani yang bernama sama yaitu Archimedes.

Bunyi Hukum Archimedes yaitu:

"Suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam fluida, akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda tersebut."

Menurut hukum Archimedes ada tiga keadaan benda jika dimasukkan ke dalam fluida, yaitu:

  1. Tengelam, yaitu jika massa jenis fluida lebih kecil dari massa jenis benda, contohnya batu yang dimasukkan ke dalam air.
  2. Melayang, yaitu jika massa jenis fluida sama dengan massa jenis benda, contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air akan berada ditengah-tengah atau terapung.
  3. Terapung, yaitu jika massa jenis fluida lebih besar dari massa jenis benda, contohnya kapa laut.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang prinsip tekanan zat cair pada kapal laut, pada: https://brainly.co.id/tugas/26466445

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]